SERI NASIHAT SUKSES YANG TIDAK LAZIM #3: JANGAN AMBIL RISIKO

by admin | 18/07/2018 | Uncategorized

Lazimnya cerita sukses ditandai dengan keberanian mengambil risiko dari tokohnya. Mereka yang memutuskan untuk putus kuliah, keluar dari pekerjaan yang mapan, atau “membakar” jembatan sehingga tidak ada jalan kembali demi mengejar impiannya. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi wirausahawati, penemu produk rumah tangga yang sukses, Joy Mangano. Baginya kisah sukses bukanlah cerita yang heroik ditandai dengan keputusan yang berani dari tokohnya. Seperti jalan sukses Joy Mangano yang menurutnya hanyalah serangkaian langkah kecil yang menapak ke depan.

Joy tidak keluar dari pekerjaannya sebagai pegawai bagian reservasi tiket di sebuah maskapai, tidak juga menjual rumah untuk mendapatkan modal usaha atau meminjam dari bank saat merintis usahanya. O ya, Joy dikenal dengan produk rumah tangga seperti alat pel lantai yang diberi motor sehingga dapat berputar membersihkan lantai secara mekanis, Miracle Mop, namanya.

Jalan sukses Joy juga sederhana, semua berawal dari masalah nyata yang dihadapinya sehari-hari. Contohnya alat pel lantai Miracle Mop tadi, idenya adalah dari masalah yang dihadapinya sebagai ibu rumah tangga yang selalu kerepotan saat membersihkan lantai. Langkah pertama yang diambilnya adalah merumuskan masalah dengan tepat, yaitu mengepel lantai dengan alat yang ada di pasaran saat itu, melelahkan dan merepotkan saat harus memeras kain pel.

Langkah kedua yang diambilnya adalah membuat prototipe produk yang bisa menjawab masalah yang dirumuskannya tadi. Dalam hal alat pel lantai, bisakah dibuat alat pel yang mengepel sendiri dan untuk memerasnya tidak dengan menyentuh kain pelnya? Miracle Mop rancangannya menjawab 2 pertanyaan ini, alat pel bergerak membersihkan sendiri karena diberi motor dan untuk memeras kain pel cukup dengan memutar gagangnya tanpa menyentuh kain pel.

Langkah ketiga setelah bisa membuat prototipe produk dia akan melakukan tes pasar dengan mengikuti kegiatan pameran dagang. Baru setelah nyata-nyata mendapatkan order yang cukup menurutnya, maka Joy akan memproduksinya, kemudian mempromosikannya di berbagai media, dan langkah pamungkas adalah mematenkan produknya. Sampai sekarang Joy telah mendaftarkan lebih dari 100 hak paten berbagai produk rumah tangga temuannya dengan akumulasi nilai penjualan seluruhnya sejak tahun 1990 mencapai setara Rp42T.

Kembali pada nasihat suksesnya, Joy Mangano tetap mewanti-wanti kita supaya berhati-hati, jangan mengambil risiko dengan keluar dari pekerjaan, itu bukan keputusan yang bijak. Lakukan hal-hal kecil yang bisa menjawab masalah sehari-hari, buat prototipe produknya, adakan tes pasar, setelah ada order, patenkan. Cerita sukses menurutnya bukanlah kisah “heroik” tetapi cerita kehidupan biasa saja.